Beranda Lingkar Media Regional Jelang Perayaan Tahun Baru, Kota Manado ‘Masih’ Zona Merah

Jelang Perayaan Tahun Baru, Kota Manado ‘Masih’ Zona Merah

3 menit lalu
0
88

Keputusan Rapat Forkompimda Kota Manado yang digelar Senin, 21 Desember 2020 yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Walikota Manado tentang Pembatasan Jam Beroperasi Toko Modern dan Intensifnya Pengawasan terhadap Protokol Kesehatan termasuk membatasi Perayaan pada Pekan Natal Yesus Kristus, ternyata berbuah baik.

Statistik angka indeks Zona Risiko Covid19 yang dikeluarkan Satgas Nasional menunjukkan Kota Manado mengalami peningkatan 0.20 dari 1.58 menjadi 1.78. Jika pengetatan protokol kesehatan ini dipertahankan dan atau ditingkatkan, maka hanya butuh angka indeks 0.03 untuk pindah ke Zona Risiko Sedang atau Zona Oranye.

Paling tampak di lapangan adalah operasi penertiban toko modern dan lokasi kerumunan yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resort Kota Manado dan Kepolisian Daerah Sulawesi Utara. Ketegasan aparat sepekan terakhir memberi harapan positif bagi kedisiplinan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Jika diperhatikan pada peta risiko maka Kota Bitung dan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, telah beralih ke Zona Risiko Sedang atau Zona Oranya. Sayangnya, Kota Kotamobagu dari Zona Oranye status beralih ke Zona Merah. Sehingga dari 15 kabupaten/kota di Sulut, tercatat 7 daerah dengan zona merah dan 8 lainnya zona oranya, dan secara kumulatif, Sulut berada pada Zona Risiko Tinggi atau Zona Merah.

Mungkin Anda Suka

Sumut Kembali Terima 32.880 Dosis Vaksin Covid-19 untuk 30 Kabupaten/Kota

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima 32.880 dosis vaksin Covid-19, Kamis (28/1) di Pos…