Beranda Lingkar Media Kemhan RI Sosialisasikan Bela Negara Di Kabupaten Lampung Utara.

Kemhan RI Sosialisasikan Bela Negara Di Kabupaten Lampung Utara.

8 menit lalu
0
261

Lingkarmedia.com, Kotabumi – Kementrian Pertahanan RI (Kemhan) bersama Komisi I DPR RI menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Aula Hotel Cahaya Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Kamis (21/2/19).

Acara yang memiliki tujuan membangun Kesadaran Bela Negara tersebut merupakan salah satu upaya revolusi mental melalui pembangunan karakter bangsa, dihadiri pejabat dari Kemhan RI, Anggota DPR RI, Forkopimda Lampung Utara, serta perwakilan dari organisasi pemuda di Kotabumi diantaranya Karang Taruna, HMI, IMM dan mahasiswa STIH Kotabumi.

Acara dibuka oleh Asisten I Pemkab. Lampung Utara, Yuzar yang mewakili Bupati mengatakan Indonesia lahir dari keberagaman, yang didasari Bhineka Tunggal Ika. Masa depan bangsa negara dan daerah adalah tanggung jawab generasi penerus bangsa yang memiliki semangat bela negara.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib memiliki benteng moral untuk menggugah Nasionalismenya untuk membentengi diri dari segala hal negatif yang akan merusak NKRI”, tuturnya.

Yuzar menekankan bahwa pertahanan Negara harus kita bangun bersama ditengah-tengah perbedaan yang ada dilingkungan kita. “Jika kita mampu memupuk dan menumbuhkan semangat patriotisme ini dalam membela negara maka Indonesia akan menjaod negara yang kuat dan berdaulat”, ungkapnya.

Anggota Komisi I DPR RI, Alimin Abdullah yang hadir sebagai Narasumber mengatakan bangsa indonesia memiliki dasar negara Pancasila yang mendarah daging di jiwa raga kita dan kebanggaan kita sebagai bangsa yang beraneka ragam suku budaya dan adat.

“Maka kalian para generasi penerus bangsa harus trus semangat, menjunjung dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari dimanapun dan kapanpun”, tuturnya.

Alimin menambahkan dimana untuk membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Bela Negara dalam menghadapi ancaman nyata sangat penting, karena ancaman nyata yang dihadapi oleh Negara kita saat ini bukan hanya dari luar, namun lebih banyak muncul dari dalam. Hal ini dikarenakan isu radikalisme saat ini menjadi ancaman nyata terhadap keutuhaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Analis Madya Dit. Bela Negara Kemhan RI, Kolonel Adm. Amiruddin Laupe, sebagai pemateri selanjutnya mengatakan kegiatan ini dipandang sangat penting disamping sebagai wahana menjalin silaturahmi dan komunikasi antar komponen bangsa serta Menyatukan langkah dalam upaya Pembinaan Kesadaran Bela Negara, sehingga pelaksanaanya tidak hanya menjaid tanggung jawab Kementrian Pertahanan Negara semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab serta segenap komponen bangsa lainnya.

“Penanaman nilai-nilai bela negara sangat penting sebagai upaya membangun sense of defence rasa pertahanan bangsa Indonesia dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dari segala bentuk ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri”, ungkapnya.

Disela memberikan materi dirinya mewakili Kementrian Pertahanan RI mengajak para peserta untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air sebagai wujud bersama untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara ditengah arus globalisasi saat ini.

Mungkin Anda Suka

2021, Pemprov Sumut Tetap Anggarkan Penanganan Covid-19

Tahun 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tetap mengalokasikan angg…