Beranda Politik Situs pilihpresiden.com Dinilai Rawan Dimanfaatkan Pihak Tertentu

Situs pilihpresiden.com Dinilai Rawan Dimanfaatkan Pihak Tertentu

4 menit lalu
0
37

Lingkarmedia.com – Polling yang dilakukan melalui portal website yang terkoneksi ke media sosial tidak memiliki kendali untuk menentukan sample dan populasi sebagai syarat mutlak untuk memperoleh data yang sahih. Hal tersebut dikarenakan tidak dapat dipastikan apakah yang mengisi orang Indonesia, apakah berhak memilih atau tidak, hingga adanya robot yang kemungkinan turut bermain.

Masyarakat harus menyadari, saat ini telah tersedia layanan untuk memanipulasi polling menggunakan media sosial seperti yang ditawarkan oleh Shopatia yang dapat mengirimkan seribu suara perjam untuk satu polling Twitter. Shopatia juga memiliki layanan khusus pengiriman suara terjadwal dan kampanye tertentu. Sehingga bagi masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap adanya polling di media sosial.

Situs pilihpresiden.com tidak memiliki kredibilitas dan kepercayaan sebagai rujukan polling pemilihan presiden karena masih terlalu dini dan rawan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

Pakar Telekomunikasi Jenar Arif mengatakan bahwa “Meskipun dalam keterangan di situs tersebut, meminta agar hasil surveinya tidak digunakan sebagai data representatif namun adanya penyelenggaraan polling tersebut justru menjadi dasar dari adanya polemik yang terjadi setelahnya. Polling tersebut dapat dikatakan sebagai provokasi karena berdampak pada polarisasi di tengah masyarakat”.

Polling menggunakan website atau media sosial susah untuk dilakukan verifikasi atas kebenaran atau kejujuran dari jawaban yang diperoleh. Hal ini berpotensi dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang sengaja bermain secara terstruktur dan masif.

Mungkin Anda Suka

Dapat Remisi, Ahok Bakal Bebas Murni 24 Januari 2019

Lingkarmedia.com – Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok diperkirakan bisa bebas…