Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Rabu, 20 Desember 2017 11:45

Lantik Pengurus Baru HMI Tondano Gelar Dialog Peran Pemuda Melawan Korupsi

Ditulis oleh

Lingkarmedia.com - Tondano Minahasa,  Rabu (18/11) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Tondano Gelar Dialog Peran Pemuda dan Perguruan Tinggi Melawan Korupsi dengan narasumber Kasatreskrim Polres Minahasa AKP Edy Kusniadi, Penulis Buku Neuron To Nation dr. Fikri Saudu.

Sebelum memulai dialog tersebut telah dilaksanakan pelantikan kepengurusan HMI Tondano periode 2017-2018 dengan ketua Suryani dalam sambutannya mengatakan bahwa kedepan kita sebagai HMI harus merapatkan barisan dan saling bergandengan tangan serta mengingatkan kepada para pengurus terhadap ikrar sebagai bentuk janji kita sebagai himpunan.

Hadir pula PB HMI Bidang Informasi dan Komunikasi Firdaus Jalal yang mewakili ketum PB HMI berpesan agar HMI Tondano memiliki peran dalam hal pluralism yang baik di tondano, karena gelombang yang dihadapi bangsa saat ini adalah isu intoleransi dan radikalisme.

Sementara dalam Dialog dr Fikri Saudu sedikit kecewa karena tidak hadirnya utusan perguruan tinggi maupunn pemerintah setempat pada diskusi yang dianggap penting dalam mengkaji tindak pidana korupsi.

Pemerintah setempat maupun perguruan tinggi seharusnya ikut serta dalam andil pemberantasan korupsi karena korupsi merupakan hal yang penting untuk dibahas dan merupakan hak mahasiswa untuk mendapat pengetahuan terkait korupsi.

Korupsi masa kini adalah konsen politik, hampir 80% pembiayaan partai berasal dari dana yang tidak jelas hal ini dapat mengakibatkan munculnya perilaku korupsi oleh oknum-oknum politisi.

Peran Mahasiswa saat ini adalah pada bidang transparansi anggaran karena mahasiswa maupun masyarakat berhak mendapat informasi terkait transparansi anggaran sebagai bentuk kontrol masyarakat tambahnya.

Dari sisi penegak hukum AKP Edy Kusniady mengatakan bahwa ada tiga instansi yang dapat terlibat dalam penegakan hukum khususnya kasus korupsi yakni kepolisian, kejaksaan dan KPK. Dirinya berharap mahasiswa dapat berperan dalam penanganan masalah korupsi di daerah dengan memberikan informasi kepada para penegak hukum yang berwenang menyelidiki dugaan korupsi.

 

 

TERPOPULER

KABAR TERBARU