Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Selasa, 24 Oktober 2017 04:27

Jambore Nasional Tagana dan Asean +3 Negara Resmi di Buka

Ditulis oleh

Lingkarmedia.com - Minahasa, Sulut Gala DinnerJambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) secara resmi di buka oleh oleh Direktur jendral perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI,Dr.ir R.Harry Hikmat M.Si, Senin, 23 oktober 2017 di gedung olahraga (GOR) Manguni.

Provinsi Sulawesi Utara, khususnya kabupaten Minahasa mendapat suatu kepercayaan dan kehormatan dl laksanakannya kegiatan Gala Dinner Jambore Nasioanal taruna siaga bencana (TAGANA) & Asean+3 Negara terhitung sejak 23 hingga 27 Oktober.

 

Ketua panitia pelaksana yang juga Direktur perlindungan sosial korban bencana alam kementerian sosial RI, Adhy Karyono  A.Ks.M.AP,  dalam sambutannya mengatakan ada beberapa kegiatan selama pelaksanaan jambore di antarannya bakti sosial dari beberapa organisasi seperti pembersihan enceng gondok di danau Tondano, penanaman pohon di kaki gunung Lokon di kota Tomohon, pemberian  sembako kepada kusir bendi yang ada di kabupaten Minahasa, pemberian bantuan sosial kepada korban bencana yang ada di kecamatan Eris pasca bencana, pemberian kaca mata gratis, makanan tambahan kepada anak -anak, pemberian kalsium dan bubur kacang kepada lansia dan juga kaki tangan palsu kepada yang cacat.

 

Sementara Bupati Minahasa Drs.Jantje Wowiling Sayow,MSi dalam sambutannya mengatakan selaku kepala daerah yang ada di kabupaten Minahasa tentunya merasa bersyukur atas di jadikannya kabupaten Minahasa ini sebagai tuan rumah dalam kegiatan Gala Dinner Nasioanal Tagana dan Asean+3 Negara

 

“selaku Pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena merupakan kehormatan yang di berikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini kementerian sosial Republik Indonesia”ucap Jantje Sajow

 

Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Juberth Nixon Purnama S.Th kepada wartawan mengatakan, sebagai tuan rumah yang ada di wilayah teritorial kami,tentunya kami akan melakukan pengamanan kepada seluruh Tagana selama melaksanakan kegiatan jambore Nasional ini karena ini merupakan wilayah teritorial dari Kodim 1302 Minahasa,dan kami akan membantu terus guna mensukseskan akan kegiatan besar,apalagi ada beberapa negara yang ikut dalam kegiatan jambore Nasional Tagana ini,tegas Dandim Purnama.

 

Sebelum di buka jambore Nasional Tagana ini,melalui direktur jenderal perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI, Dr,Ir, R Harry Hikmat M.Si mengatakan kita bisa bayangkan apa yang terjadi kalau tidak ada Tagana dalam daerah, sebab keberadaan Tagana sangat membantu setiap penanggulangan bencana bersama dengan pemerintah.

 

Lebih lanjut Harry Hikmat mengucapkan terima kasih kepada perintis Tagana yang sudah sukses dalam penanggulan bencana di seluruh Indonesia,dan persatuan ini bukan hanya untuk Indonesia,tapi juga Negara -negara luar yang sama-sama mengahadapi bencana.

 

“saya sangat bersyukur karena Tagana di Indonesia mencapai 34 ribu lebih dan bisa tumbuh dan berkembang di seluruh Indonesia,dan sahabat Tagana yang ada kurang lebih 63 ribu untuk turut bersosialisasi bersama-sama dan sekarang sudah mencapai 525 kampung siaga bencana dan Tagana ini ada 7000 tenaga terlatih untuk menghadapi bencana tersulit, tutup Harry Hikmat.

Pembukaan jambore Nasional Tagana ditutup dengan penyematan tanda peserta oleh Dirjen perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI dan Bupati Minahasa serta Doa bersama oleh berbagai lintas agama.

Polres Minahasa dan Jajaran Siap Amankan Jambore Nasional Tagana


Berkaitan dengan event tersebut, Polres Minahasa dan jajaran siap mengamankan jalannya kegiatan yang diikuti oleh Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia dan ASEAN serta 3 negara lainnya, yakni China, Korea Selatan dan Jepang.

Kapolres Minahasa, AKBP Christ Reinhard Pusung melalui Kabag Ops, Kompol Ahmad Sutrisno mengatakan, pengamanan melibatkan 270 personel. “Terdiri dari 249 personel Polres Minahasa, ditambah 21 personel Sat Brimob Polda Sulut,” ujar Kabag Ops, Senin (23/10), pagi, di Mapolres.

Kabag Ops menegaskan, seluruh personel yang terlibat pengamanan harus bekerja maksimal. “Laksanakan tugas pengamanan dari awal hingga akhir dengan maksimal disertai tanggung jawab yang tinggi, sehingga rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” pungkasnya.

Informasi diperoleh, lokasi perkemahan para peserta bertempat di Stadion Maesa, Tondano. Rangkaian jambore tersebut akan diawali dengan gala dinner di tennis indoor Minahasa, Senin malam.

Menyusul berbagai kegiatan lainnya, antara lain bakti sosial, pemeriksaan kesehatan, pengangkatan enceng gondok dan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Minahasa.

Dan pada Kamis (26/10), akan diadakan parade dari Stadion Maesa yang berakhir di Taman God Bless. Selanjutnya, acara puncak rencananya digelar di Kota Tomohon.

 

Baca 22 kali

TERPOPULER

KABAR TERBARU