Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Senin, 16 Oktober 2017 06:52

Petani Kopi Jabar Belajar Mengenal Cita Rasa Kopi

Ditulis oleh

Lingkarmedia.com -  Pelatihan kewirausahaan bagi petani kopi ini digelar oleh Kementerian LHK bekerja sama dengan SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dengan melibatkan 50 petani kopi yang tergabung dalam LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) di Jabar. Tujuannya aga para petani kopi Jabar belajar mengenal cita rasa kopi.

Ketua LMDH Lereoy Matita mengaku sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Petani dapat wawasan baru tentang kewiraushaan kopi.

Menurutnya, petani kopi membutuhkan wawasan tentang cara menanam kopi yang baik, mengolah hasil panen, dan memprosesnya menjadi powder, sampai tata niaga kopi.

"Ini awal kerja sama yang baik untuk meneruskan tradisi pelatihan kewirausahaan kopi secara berkesinambungan,"katanya kepada wartawan, Minggu (15/10/2017).

Adapun Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hadi Daryanto menyatakan terima kasih kepada para petani kopi yang sudah sangat antusias mengikuti kegiatan kewirausahaan ini.

Dengan mengikuti pelatihan ini, mereka sudah menjadi bagian dari petani agro forestry, tahu menanam kopi yang benar, mengolahnya, dan sekaligus mengetahui tata niaga kopi serta industri kopi, secara umum.

"Mereka bisa mengetahui kualitas kopi yang bagus dan mengenal cita rasa kopi dengan baik. Kegiatan ini tidak boleh selesai sampai disini, tapi harus dilakukan secara berkelanjutan," kata Hadi.

Sementara itu, petani kopi, asal Sukajaya Lembang Dedi Priyadi mengaku dapat ilmu baru tentang menilai cita rasa kopi, bagaimana menggiling kopi, menyeduhnya, hingga mencicip kopi.

Pelatihan yang baru pertama kali diikuti ini, sangat bermanfaat sekali karena dia jadi mengetahui bagaimana cara menanam kopi dengan baik, mengolah hasil panen dengan benar, dan menyeduh kopi.

"Ya, tentang cita rasa kopi dan ilmu barista sedikitnya bisa saya kuasai, setelah saya ikut pelatihan ini,"pungkasnya.

Baca 39 kali

TERPOPULER

KABAR TERBARU