Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Kamis, 12 Oktober 2017 08:53

KPU Minahasa Kembalikan Dokumen Partai Perindo

Ditulis oleh

Lingkarmedia.com - Minahasa, Meskipun Partai Persatuan Indonesia (Perindo) merupakan pendaftar pertama calon peserta Pemilihan Umum 2019 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, namun karena tidak lengkapnya dokumen maka KPU Minahasa mengembalikan dokumen pendaftaran partai poltik (parpol) pimpinan Gaby Sinaulan tersebut.

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon didampingi Ketua Divisi Hukum, Decky Paseki ketika dikonfirmasi, Senin (9/10), usai meneliti dokumen yang dimasukkan Partai Perindo.

Menurut Tinangon, pihaknya belum bisa menerima berkas kelengkapan administrasi pendaftaran Partai Perindo di KPU Minahasa, karena dari apa yang dimasukkan, masih kekurangan beberapa berkas (belum lengkap-red) sehingga belum bisa diberikan tanda terima.

"Jadi kami sebagai pihak penyelenggara harus mengembalikan dan diminta untuk dilengkapi hingga batas waktu yang ditentukan, paling lambat pada tanggal 16 Oktober 2017,” ungkap Tinangon.

Sementara itu, mengacu pendaftaran di KPU RI berdasarkan data yang di input di Sistem Informasi  Partai Politik (SIPOL), jumlah anggota dan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Perindo ada sekitar 637 anggota.

SIPOL merupakan program berbasis IT yg digunakan dalam pendaftaran dan verifikasi Parpol.

Sedangkan hardcopy daftar angota yang dimasukkan ke KPU Minahasa hanya 636 atau kekurangan satu anggota, demikian juga dengan KTA.

Selanjutnya, KTP yang dimasukkan Partai Perindo masih kurang 36 orang. “Mudah-mudahan setelah dikembalikan, dapat melengkapi dan secepatnya memasukkan kembali kelengkapan berkas ke KPU Minahasa,” jelas Tinangon.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Minahasa, Gebby Sinaulan ketika menyampaikan keterangan dalam konferensi pers tidak membatah terkait kekurangan berkas yang dimasukkan ke KPU Minahasa. Menurut Sinaulan, untuk kelengkapan berkas tinggal dilengkapi. Namun secara umum, Partai Perindo Minahasa sudah sangat siap mengikuti ajang pertarungan politik di Kabupaten Minahasa. Pasalnya, di Kabupaten Minahasa sudah terstruktur dan memiliki SOP. “Baik itu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Umum Presiden, Partai Perindo sudah siap berkompetisi,” aku Sianulan.

Lebih lanjut, Sinaulan menambahkan, pihaknya tentu sangat bersyukur, karena Partai Perindo adalah partai pertama yang mendaftar di KPU Minahasa. “Terkait Sistem Informasi Partai Politik sebagai syarat administratif di KPU memang ada sedikit kendala, namun kami akan secepatnya melengkapi dan memasukkan ke KPU," ujar Sinaulan

Baca 28 kali

TERPOPULER

KABAR TERBARU