Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Selasa, 24 Oktober 2017 04:49

5 Rekomendasi Strategis Merawat Kebhinekaan & Persatuan

Ditulis oleh
Presiden Joko Widodo (tengah kanan) menerima dokumen rekomendasi Rembuk Nasional 2017 yang diserahkan oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana Rembuk Nasional 2017 Firdaus Ali (tengah kiri) dan Ketua Dewan Pengarah Sidarto Danusubroto (tengah) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/10). Presiden Joko Widodo (tengah kanan) menerima dokumen rekomendasi Rembuk Nasional 2017 yang diserahkan oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana Rembuk Nasional 2017 Firdaus Ali (tengah kiri) dan Ketua Dewan Pengarah Sidarto Danusubroto (tengah) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/10).

Lingkarmedia.com - Jakarta, Hasil Rembuk Nasional 2017 menelurkan 5 rekomendasi strategis guna merawat kebhinekaan dan memperkokoh NKRI.

Dikutip dari buku Rembuk Nasional 2017, Senin (23/10), rekomendasi pertama adalah mengamandemen regulasi atau kebijakan baik pusat, daerah, atau lokal yang membangun sekat-sekat SARA, baik pada wilayah politik, ekonomi, budaya, agama, kesehatan, maupun pendidikan.

Kedua, memberi dukungan politik dan materiil bagi upaya-upaya membangun ruang-ruang kebhinneka-tunggal-ika-an dan mendorong inisiatif warga untuk secara kreatif dan mandiri merawat dan memperkokohnya di berbagai bidang dan lapis sosial.

Selanjutnya, menempatkan pendidikan pancasila sebagai pelajaran dan mata kuliah yang kritis dan konstruktif.

Kemudian, perlu pendekatan pembangunan infrastruktur dengan memfasilitasi restorasi sosial yang inklusif melalui peninjauan ulang kebijakan tentang tata ruang, agar tidak terjadi eksklusifitas sosial dan tidak ada yang terpinggirkan dan termiskinkan.

Terakhir yang tak kalah penting adalah meningkatan peran media massa dan media sosial untuk menumbuhkan solidaritas sosial dan resolusi konflik.

Baca 30 kali

TERPOPULER

KABAR TERBARU