Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Selasa, 24 Oktober 2017 04:44

Rekomendasi Bidang Lingkungan Rembuk Nasional 2017

Ditulis oleh

Lingkarmedia.com - Jakarta, Pembangunan yang tengah digencarkan oleh pemerintah tidak boleh melupakan keberlanjutan lingkungan hidup.

Menurut Wakil Ketua Bidang Rembuk Lingkungan Mahawan Karuniasa pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana pembangunan ekonomi dapat berjalan bersamaan dengan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Selama ini, menurutnya, pembangunan itu hanya berorientasi pada pembangunan ekonomi, sedangkan di aspek lingkungan lebih banyak dikorbankan.

Percepatan pembangunan berkelanjutan bisa dilakukan jika orientasi pembangunan ekonomi mempertimbangkan daya dukung dari sumber daya alam dan jasa lingkungan.

“Kalau hutan dimanfaatkan tentu saja boleh tapi bagaimana pemanfaatannya secara lestari sehingga hasilnya bisa terus menerus dinikmati generasi mendatang,” katanya, Senin (23/10/2017).

Dia mengatakan, pengembangan teknologi juga menjadi faktor penting dalam melakukan percepatan pembangunan berkelanjutan seperti tenaga surya, angin, listrik dari tenaga air, tenaga panas bumi, bisa mendukung percepatan pembangunan berkelanjutan.

Selain percepatan pembangunan berkelanjutan, yang menjadi catatan penting dari hasil rembuk bidang lingkungan adalah pengendalian perubahan iklim.

Penanganan emisi Indonesia menurutnya masih belum memuaskan.

Pada 2015 itu emisi masih 1,995 giga ton yang berarti Indonesia belum mampu mengurangi emisi dibandingkan dengan proyeksi kalau tidak ada tindakan apa pun.

Baca 23 kali

TERPOPULER

KABAR TERBARU