Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates
Selasa, 28 November 2017 02:30

Hamil Bukan Alasan Untuk Tidak Berolahraga, Berikut 10 Jenis Olahraga Bagi Ibu Hamil

Ditulis oleh RA

Lingkarmedia – Jakarta, Saat sedang hamil tidak menjadi alasan untuk ibu untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Justru sebaliknya, ada masa dimana saat hamil olahraga itu penting. Hal demikian tak lepas dari proses persalinan nantinya. Olahraga ibu hamil untuk mempersiapkan masa kelahiran. Tentu ada masa kapan olahraga boleh dilakukan oleh ibi hamil dan apa saja jenisnya. Di bawah ini ada 10 jenis olahraga untuk ibu hamil yang paling dianjurkan sesuai dengan masa kehamilannya. Khususnya pada usia kandungan, 6,7,8 dan 9 bulan yaitu:

 

1.    Senam Hamil – 6, 7 dan 8 bulan

 

Olahraga senam merupakan olahraga yang paling dianjurkan hampir kepada semua wanita hami, khususnya bagi mereka dengan usia kandungan mulai 6,7,8 bulan. Senam ini dapat dilakukan dengan melihat rekaman video senam, ataupun juga ibu hamil dapat memilih untuk mengikuti di acara rutin senam yang khusus untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil, anda juga melakukan gerakan senam dengan sendirinya, misalnya: gerakan duduk, gerakan melatih otot dada, gerakan pemanasan dan terakhir gerakan pendinginan.

 

2.    Jalan Santai – 7, 8 dan 9 bulan

 

Jalan kaki dengan tempo yang santai dengan tidak menggunakan alas kaki ini sangat baik bagi ibu hamil dengan usia kandungan 7,8 dan 9 bulan. Tujuanya sederhana, Agar kaki si ibu tidak mengalami pembengkakan saat usia akan melahirkan tiba. Kegiatan jalan kaki dengan santai ini dapat dilakukan ketika pagi hari. Dimana udara masih bersih dan sejuk, dan belum begitu banyak polusi yang dapat mengganggu pernafasan anda.

 

3.    Berenang – 7, 8 dan 9 bulan

 

Melakukan berenang bagi ibu hamil, dapat melatih otot dan menjaga kinerja jantung. Serta dapat menjaga berat badan si ibu sehingga dapat ideal. cara melakukan olahraga berenang ini dengan posisi terlentang dalam air, cukup dilakukan selama 15 menit, Setelah melakukan berenang ibu hamil dianjurkan untuk meminum segelas air putih, ibu hamil dapat melakukan berenang minimal 2 kali dalam seminggu.

 

4.    Yoga – 6, 7, 8 dan 9 bulan

 

Kadang kala ibu hamil suka merasakan strees, akibat kehamilannya. Untuk itu, bagi ibu hamil usia kehamilan 6,7,8 dan 9 bulan, sangat dianjurkan untuk melakukan yoga. Agar dapat melatih pernafasan dan menghilangkan stress, dilakukan dengan mengambil posisi duduk bersila, dengan salah satu kaki di letakan pada kaki yang menempel pada lantai, kemudian telangkupkan tangan di depan dada, lakukan gerakan ini, kurang lebih sampai 1 jam dalam sehari secara rutin.

 

5.    Wajah Menyentuh Lantai – 8 dan 9 bulan

 

Gerakan wajah menyentuh lantai sangat baik untuk ibu hamil, karena dengan melakukan gerakan ini dapat membantu kehamilan dengan bayi sungsang, bahkan menghindari persalinan dengan posisi bayi sungsang. Ibu hamil dapat melakukan gerakan seperti orang yang sedang sujud dalam tata cara sholat, lakukan sedikitnya 5-10 menit, setiap ibu hamil bangun tidur di pagi hari, gerakan tersebut cocok untuk ibu hamil usia 8 dan 9 bulan.

 

6.    Senam Jongkok – 7 dan 8 bulan

 

Gerakan senam jongkok ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil usia kandungan 7 atau 8 bulan. Karena dapat melatih otot paha, otot panggul dan juga meregang, sehingga dapat mempermudah anda dalam proses persalinan nanti. Cara melakukan senam jongkok, yaitu dengan meluruskan punggung, dan mulai jatuhkan hingga ke posisi jongkok secara perlahan, lakukan gerakan sedikitnya 10-15 detik, kemudian kembali berdiri diposisi semula, kemudian lakukan hal tersebut sampai beberapa kali dalam sehari

 

7.    Gerakan Otot Dada – 7 bulan

 

Bagi ibu hamil melakukan gerakan otot dada, ini sangat baik untuk ibu hamil dengan usia kandungan 7 bulan. Cara melakukan hal ini dengan memasukan air kedalam 2 botol ukuran 600 ml, kemudian gunakan botol tersebut sebagai barbel sederhana, lakukan gerakan latihan barbel secara berulang-ulang. Lakukan secara rutin, minimal 5-10 kali sehari.

 

8.    Latihan Memiringkan Panggul – 7 dan 8 bulan

 

Latihan ini dapat meningkatkan otot perut, serta meringankan rasa sakit pinggang pada ibu hamil. Latihan adalah untuk seluruh wanita hamil, terutama yang sudah memasuki trisemester terakhir. Cara melakukan gerakan ini, yaitu dengan mengambil posisi merangkak, serta kepala sejajar dengan punggung, dongakkan kepala, kemudian tarik nafas lalu buang. Lakukan dengan santai dan nyaman serta secara rutin.

 

9.    Menari- sejak awal kehamilan

 

Menari merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena dengan menari selain kita dapat mengekspreksikan diri kita juga dapat menghilangkan rasa strees. Bagi ibu hamil hal ini sangat dianjurkan, karena dapat menenangkan dan menyenangkan hati si ibu. Lakukanlah kegiatan menari ini diwaktu senggang, agar keadaan janin anda juga rileks. Latihan ini bisa kita mulai sejak kehamilan masa awal. Hanya saja lakukan seperlunya saja. Jangan memaksakan sebuah gerakan yang berbahaya.

 

10.Melakukan Aktivitas – sejak kehamilan

 

Selain olahraga di atas, hal yang terutama bagi ibu yang sedang hamil, yaitu banyak bergerak atau melakukan aktivitas. Karena dengan anda beraktivitas kesehatan janin dan tubuh ibu hamil dapat terjamin. Serta jangan lupa makan-makanan yang bergizi dan baik untuk kandungan anda. Namun, perlu diingat bahwa anda tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat membahayakan kandungan dan tubuh.

TERPOPULER

KABAR TERBARU