Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates

Editor

Lingkarmedia.com – Jakarta, Melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, khususnya Direktorat Pengembangan Daerah Pulau Kecil dan Terluar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyerahkan lima kapal Bantuan Kementerian Desa PDTT.

Kelima kapal tersebut diberikan kepada Kabupaten Kepulauan Aru berupa kapal barang bernama KM KARAWEIRA, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, kapal barang KM PULAU BATARKUSU, Kabupaten Lombok Timur, kapal barang PATUH KARYA, Kabupaten Lombok Utara, kapal penumpang, TIOQ TATA TUNAQ, dan Kabupaten Tojo Una Una, kapal penumpang TOUNA EXPRESS.‎

Serah terima dilaksanakan di Batavia Marina, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (7/12/2017). Selanjutnya kapal-kapal itu diberangkatkan ke lokasi tujuan.

Dalam sambutan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTU) Yohozua M Yoltuwu, Menteri mengatakan dalam beberapa dekade pada konstelasi era pemerintahan yang lalu, ketetapan kepemilikan wilayah pulau kecil dan terluar tidak begitu disadari dan kurang diperhatikan, sehingga para investor juga kurang tertarik mengelola potensi sumber daya yang ada di dalamnya.

"Padahal, sebagian penduduk berdiam di pulau-pulau itu dan eksistensinya, secara geografis, sangat berpengaruh terhadap upaya penguatan integritas bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Sejak 2015, dalam upaya mendukung peningkatan aksesibilitas dan koneksitas inter dan antar pulau kecil dan terluar, telah diberikan bantuan berupa kapal dengan kapasitas 20 penumpang sebanyak 23 unit untuk 22 kabupaten, kapal kapasitas 50 penumpang sebanyak 18 unit untuk 17 kabupaten dan 12 unit kapal barang untuk 12 kabupaten. Sedangkan pada 2016, diberikan sebanyak 7 unit kapal kapasitas 50 penumpang untuk 7 kabupaten.  


Lingkarmedia.com- JAKARTA, Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut beberapa potensi ancaman terhadap negara dalam konteks globalisasi.

Hal itu diungkapkan Hadi saat uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI di hadapan Komisi I DPR RI, Rabu (6/12/2017).

Menurut Hadi, potensi konflik ke depan tidak lagi bersifat simetris namun lebih sering bersifat asimetris, proxy dan hibrida.

Dia menyeoroti beberapa potensi ancaman. Di antaranya disebabkan tatanan dunia baru. Menurutnya, hal itu timbul seiring melemahnya hegemoni negara super powersebagai akibat pengaruh kekutan-kekuatan ekonomi baru seperti China, Rusia, India, dan Brasil.

Tatanan dunia saat ini menjadi baru yaitu unimultipolar dengan implikasi pergeseran kekuasaan yang berada pada titik nadir

“Kepemimpinan negara baru super powermengubah pola komitmen terhadap keamanan global. Kondisi tersebut semakin diperumit dengan masuknya aktor-aktor non negara yang mengusung berbagai kepentingan individu maupun kelompok dalam berbagai kemasan seperti ideologi, agama, suku hingga murni motif ekonomi,” katanya.

Hal itu menimbulkan ketidakstabilan di beberapa kawasan. Dia mencontohkan seperti di Timur Tengah, koflik yang melanda Irak dan Suriah, serangan Isis di Filipina, juga krisis nuklir di Korea Utara. Dia pun menyebut, saat ini terorisme menjadi ancaman global sebagai musuh bersama yang harus diperangi.

Hadi menilai, saat ini situasi yang terjadi semakin kompleks saat arus globalisasi informasi tidak terbendung. Melalui jaringan media, kata dia, pengaruh kelompok teroris mampu secara cepat menyebar di seluruh dunia.

"Keamanan siber harus menjadi pertimbangan utama dalam penyelenggaraan fungsi-fungsi pertahanan dan keamanan nasional," ujarnya.

Hadi juga mencermati potensi ancaman keamanan negara dari sektor laut perbatasan. Dia mencontohkan kasus pada Maret 2016, dilakukan kelompok Abu Sayyaf yang berbasis di Pulau Sulu dan Pulau Basilan, Filipina.

Selain itu, Hadi pun menyoroti illegal fishingserta penyelundupan barang, manusia, senjata dan narkoba. Menurutnya, kejahatan tersebut seringkali tidak berdiri sendiri dan terorganisasi secara internasional.

Dia menambahkan, pengaruh globalisasi yang semakin kompleks seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, arus imigrasi manusia, sebaran informasi dan media serta pertumbuhan jaringan secara multinasional, ancaman bersifat tidak terkendali.

Oleh karenanya, ancaman-ancaman tersebut dinilainya dapat muncul kapan saja dan di mana saja.

Lingkarmedia.com - Manado, Perayaaan Natal terpadu GPdI se- Sulawesi Utara di The Pantecostal Centre Ring Road 2 Buha Manado, Selasa ( 5/12) 2017), turut dihadiri Wakil Gubernur, Drs Steven Kandouw.

Wagub Steven Kandouw dalam pesan Natal, mengatakan pertama bersyukur, kedua bersyukur dan ketiga tetap bersyukur mengikuti ibadah yang luar biasa ini.

“Dari tadi malam mengikuti ibadah dari Tondano sampai sekarang ini saya rasakan Roh Kudus memenuhi saya sampai saat ini,” kata Steven Kandouw.

Lanjut Steven Kandouw, Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Provinsi Sulawesi Utara adalah daerah paling toleran.

“Modal ini harus kita pertahankan karena Sulawesi Utara adalah tamansari kerukunan di Indonesia ” tandas Steven Kandouw.

Steven Kandouw menghimbau kepada jemaat GPdI agar tindakan radikalisme dan fundamentalisme jangan dibalas dengan tindakan yang sama.

“Radikalisme dan fundamentalisme bukan milik satu agama saja, untuk itu jangan balas kejahatan dengan kejahatan,” harap Steven Kandouw

Steven Kandouw mengajak jemaat seluruh umat menjaga dan mendoakan agar Sulawesi Utara tetap aman dan nyaman sekaligus atas nama pemerintah provinsi menyampaikan selamat menyambut Natal 2017 dan tahun baru 2018.

“Menghadapi Natal kita harus memiliki harapan, kedamaian dan cinta yang hakiki,” pungkas Steven Kandouw.

Lingkarrmedia.com- JAKARTA, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui langkah Presiden Joko Widodo menunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto sudah tepat untuk menggantikan dirinya sebagai orang nomor satu di tubuh Tentara Nasional Indonesia.

Menurut Gatot, karir Hadi masih panjang, terlebih dalam mengawal pesta demokrasi Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 mendatang.

"Kami yakin bahwa Pak Hadi mampu memimpin khususnya menghadapi tahun politik," kata Gatot di Kompleks Parlemen, Rabu (6/12/2017).

Menurut Gatot, pilihan pada Hadi sudah tepat mengingat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Ade Supandi akan memasuki masa pensiun pada 2019 mendatang.

Gatot yakin Marsekal Hadi akan mampu menjaga netralitas dalam Pilkada dan Pilpres mendatang.

"Saya pikir Pak KSAU sudah paham betul dari konstelasi, kita lihat saat Pilkada DKI cukup tinggi, kemudian sekarang Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatra Selatan, Sumatra Utara bahkan Papua," ujarnya.

Selain Gatot, mayoritas fraksi di DPR juga sudah menyatakan dukungannya, terutama fraksi besar seperti PDIP dan Fraksi Golkar yang mengapresiasi langkah Presiden Jokowi menunjuk Hadi jadi pengganti Gatot.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menggelar Festival Natal 2017 yang akan dimulai kamis (07/12) pekan ini. 


Sekprov Sulut Edwin Silangen mengatakan bahwa dalam festival natal kali ini,  berbagai rangkaian kegiatan akan dilaksanakan oleh Pemprov,  yang akan diawali dengan Ibadah Natal dan Pencangan Kegiatan Natal Kamis 7 desember  pekan ini bertempat di pohon kasih Mega Mas Manado,  yang akan dilanjutkan dengan kegiatan Kampung Natal\Bazaar yang akan berlangsung selama 13 Hari mulai dari tanggal 10-13 Desember yang dipusatkan di Jendela Indonesia. 

 

Selanjutnya,  tanggal 17 hingga 22 desember di lapangan sparta tikala manado akan dilaksanakan lomba kegiatan kretifitas dekorasi pohon natal dari bahan daur ulang yang tentunya sangat menarik untuk disaksikan,  kemudian ada juga kegiatan Santa Claus untuk anak di Manado Town Square pada tanggal 10 desember.

kemudian yang tak kalah meriah ada juga Pawai santa dan malaikat Natal di sepanjang ruas jalan Boulevard yang mungkin akan mengakibatkan macet pada saat kegiatan berlangsung di tanggal 8 Desember. jelas Silangen.

selain kegiatan di atas,  masih banyak Juga kegiatan lainya seperti Lomba Fashion On The Street 12 Desember yang bertempat di depan kompleka pertokoan Megamall, 
Lomba Paduan suara pada tanggal 11 hingga 15 desember di transmart Grand Kawanua, serta Parade Kendaraan Hias Natal di boulevard pada tanggal 15 desember,  juga ada kegiatan Christmas With dog di tetempangan Paragliding Hill Minahasa dan atrium Star Square Manado, 
dan yang paling terakhir yaitu kegiatan malam Old And New yang akan dilaksanakan di Pohon Kasih Megamas manado pada 31 Desember. 

Dalam kesempatan ini,  Silangen juga Mengundang seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk turut memeriahkan dan berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan ini, tutupnya. 

Senin, 04 Desember 2017 05:29

BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis Baru

Lingkarmedia.com – Jakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menemukan bibit siklon tropis baru. Dua bibit siklon tropis yang terpantau BMKG dari analisis pada Jumat (1/12/2017) pukul 13.00 WIB adalah siklon 93W dan 97S. Bibit siklon 93W terjadi di laut Andaman, sebelah utara Aceh, dengan kecepatan angin maksimum 56 Km/jam. "Bibit siklon 93W bergerak ke arah timur menjauhi Indonesia, dengan intensitas yang diperkirakan stabil," jelas Kepala Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko, pada Jumat (1/12/2017). Dampak bibit siklon tersebut dapat berupa hujan sedang hingga lebat di Aceh bagian Utara. Angin kencang dengan besaran lebih dari 37 Km/jam akan terjadi di Aceh dan Selat Malaka bagian utara. Gelombang 2,5 - 4 meter akan terjadi di perairan Lhokseumawe, perairan Sabang, perairan utara dan barat Aceh. Gelombang 4 - 6 meter berpotensi di Selat Malaka bagian utara. Selanjutnya, bibit siklon 97S terjadi di Samudra Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kecepatan maksimum 28 Km/jam. "Bibit siklon 97S bergerak ke barat daya menjauhi Indonesia. Diperkirakan akan mengalami peningkatan intensitas dalam 24 jam ke depan," lanjut Hary. Dampaknya berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di NTT. Gelombang 2,5 - 4 meter di perairan barat Lampung, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian selatan, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok.

Sementara itu, pada Sabtu (2/12/2017), posisi siklon tropis Dahlia semakin menjauh, yakni 535 Km sebelah selatan barat daya Cilacap, dan pergerakannya mengarah ke selatan dengan kecepatan 6 knots (12 Km/jam). Meski demikian, siklon tropis Dahlia masih memberikan perubahan cuaca secara signifikan. Hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Angin kencang dengan besaran lebih dari 20 knots akan melanda wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat dan selatan. Selanjutnya diperkirakan terjadi gelombang setinggi 2.5 - 4 meter di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, Laut Jawa bagian tengah, perairan utara Jawa Tengah.

Lingkarmedia – Jepara, Gelombang ombak Pantura hantam Pantai Jepara Jumat (1/12/2017) pagi, sebabkan 12 rumah nelayan ambruk dihantam dahsyatnya gelombang ombak Pantura, Belasan rumah semi permanen itu berlokasi di sepanjang bibir pantai.

Berdasarkan data yang dihimpun Polres Jepara, Jawa Tengah, di Kelurahan Demaan, empat unit rumah, yaitu milik Slamet Hariyanto, M Najib, Khoirin dan Bambang Supriyanto, roboh.

Sementara itu, delapan unit rumah di Kelurahan Ujungbatu yang roboh adalah milik Priyadi, Sugito, Mudhofar, Kaswat, Siti Fatimah, Mustakim, Situ dan Tabari.

"Total 12 unit rumah semi permanen ambruk dihantam gelombang ombak. Sejumlah rumah rusak ringan dan sejumlah perahu mengalami kerusakan. Semua pihak bergotong-royong melakukan perbaikan sementara. Bantuan logistik juga sudah diupayakan," kata Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho saat dihubungi.

Permukiman nelayan di pesisir Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, porak poranda dihantam dahsyatnya gelombang ombak Pantura, Jumat (1/12/2017) pagi. Gelombang ombak disertai angin kencang menerjang permukiman di dua kelurahan, yakni Demaan dan Ujung Batu, Kecamatan Jepara.

Meski demikian, tercatat tidak ada korban jiwa dalam musibah naas ini. Untuk sementara, warga terdampak harus mengungsi ke tempat saudara yang lebih aman.

Khotimah (32), warga Kelurahan Demaan, menyampaikan, ombak terlihat mulai mengganas sekitar pukul 02.30 dinihari. Selanjutnya, lanjut dia, saat menjelang subuh, gelombang ombak perlahan mulai menerjang permukiman.

"Ketika angin kencang dan ombak menerjang permukiman, warga sudah menyelamatkan diri terlebih dahulu. Perahu juga banyak yang rusak akibat diterjang ombak. Saat musim penghujan, gelombang ombak tinggi. Empat tahun lalu, ombak juga menerjang permukiman," kata Khotimah.

Lingkarmedia.com – Jakarta, Pada 2018 pertumbuhan ekonomi global akan meningkat di atas 3 persen, lebih tinggi dari 2017, meskipun tidak setinggi sebelum krisis global 2007-2008 yang mencapai di atas 5 persen. Hal itu disebutkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memperkirakan bahwa kondisi perekonomian global pada 2018 akan lebih baik.

‎"Ekonomi dunia kalau sekarang tumbuh di atas 3 persen itu sudah cukup bagus sesudah terjadinya krisis global," kata Sri Mulyani, di Jakarta, Rabu (29/11/2017). Dia juga mengatakan bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi akan mendorong perdagangan global. Prediksinya, volume perdagangan global meningkat dari 2,2 menjadi 4 persen.

Kondisi tersebut berdampak positif bagi Indonesia sebagai negara yang mengandalkan ekspor. "Ini menggambarkan bahwa kita sebagai negara ekonomi yang cukup mengandalkan mesin pertumbuhan ekonomi ekspor, akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pertumbuhan didorong dari mesin pertumbuhan ekspor ini, pertama terlihat pada 2017," jelasnya.

Sri Mulyani juga menambahkan, terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai karena dapat menahan laju pertumbuhan global, diantaranya adalah masalah politik, keamanan, dan sosial. Dia menegaskan bahwa jika pada ketiga hal tersebut terdapat gejolak, maka akan menimbulkan reaksi pada perekonomian global.

"Kalau kita lihat tantangan pertumbuhan ekonomi dunia yang tampaknya sudah cukup baik, namun kita antisipasi head wind atau angin yang berasal dari depan yang akan berpotensi menahan lajunya penerbangan ekonomi dunia ini," ujar dia.

Menkeu juga menjelaskan, tantangan perekonomian global berikutnya adalah kebijakan moneter negara maju, untuk menolong ekonomi negaranya pulih. Salah satu contohnya adalah pengurangan jumlah uang beredar dan kenaikan tingkat suku bunga yang dilakukan Amerika Serikat.

Tantangan lain adalah kerusakan lingkungan, bencana alam, serta teknologi. ‎"Ini kesempatan yang apabila kita enggak disikapi akan bisa jadi tantangan terhadap pemulihan ekonomi dunia," tutup Sri Mulyani.

Lingkarmedia.com – Denpasar, Hingga Kamis (30/11) pagi, Gempa tremor terus-menerus kembali mengguncang Gunung Agung, di Karangasem, Bali. Bahkan gempa mengalami overscale atau melebihi ukuran maksimal seismograf yang diatur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yaitu 24 mm.

Gempa tremor overscale terjadi pada pukul 07.55 - 08.05 Wita. Kepala Pusat PVMBG Kasbani mengatakan, hal ini mengindikasikan aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi. Gempa tremor overscale secara menerus juga menunjukkan adanya pergerakan magma dalam jumlah besar menuju permukaan kawah.

 "Aktivitas vulkanik masih tinggi, gempa tremor menunjukkan pergerakan magma menuju permukaan," kata Kasbani di Pos Pantau Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem.

 Gempa tremor overscale terus-menerus ini bukanlah yang pertama. Gempa kali pertama terjadi pada Selasa (28/11/2017), dan tremor kedua pada Rabu (28/11/2017).

 Oleh karena itu, Kasbani mengimbau agar warga yang berada pada zona bahaya segera keluar.

 Selain menjauhi zona bahaya, Kasbani juga mengimbau agar warga menjauhi daerah aliran sungai yang dilewati lahar dingin atau lahar hujan akibat erupsi Gunung Agung.

 

 

 

Lingkarmedia.com – Jakarta, Andi Agustinus alias Andi Narogong terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) menyebut bahwa uang korupsi proyek e-KTP mengalir kepada anggota DPR dan pejabat di Kementerian Dalam Negeri.

Salah satunya adalah Azmin Aulia, yang merupakan adik kandung mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Azmin mendapat sebuah ruko di Grand Wijaya, Kebayoran, Jakarta Selatan. Ruko tersebut diberikan kepada Azmin oleh Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra Paulus Tanos.

PT Sandipala merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek e-KTP.

"Setelah ada pemenang lelang, ruko diberikan kepada Azmin. Itu bekas kantornya Paulus Tanos yang dibalik nama ke Azmin Aulia," kata Andi kepada majelis hakim.

Andi mengatakan, sejak awal perencanaan proyek e-KTP, ia dan pengusaha lainnya sudah diminta kesiapan untuk memberikan fee sebesar 10 persen.

Sebanyak 5 persen akan diberikan kepada anggota DPR, sementara 5 persen lainnya untuk pejabat Kemendagri.

Menurut Andi, setiap anggota konsorsium telah diberikan tugas masing-masing sesuai persentase yang akan diberikan kepada pejabat di DPR maupun Kemendagri.

Karena Paulus telah memberikan fee kepada Azmin, Andi mendapat jatah untuk menyerahkan uang 1,5 juta dollar AS kepada Kemendagri.

Ada pun, persentase fee tersebut diminta secara langsung kepada Andi dan pengusaha lainnya oleh Irman yang saat itu menjabat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Majelis hakim sempat mengulang pertanyaan kepada Andi mengenai pemberian ruko kepada Azmin. Sebab, dalam persidangan sebelumnya, Azmin selalu membantah menerima apapun terkait e-KTP.

"Saya tidak tahu yang mulia, itu keterangan masing-masing," kata Andi.

 

 

 

Halaman 1 dari 111

TERPOPULER

KABAR TERBARU